Tuesday, August 30, 2005

BUDAYA BARU APA INI?

Image hosted by Photobucket.com
Hujan baru aja reda, daku pun melangkah keluar dari balik pintu ATM setelah sekian lama ngantri akhirnya bisa masuk juga ngambil duit. Dengan senang hati daku menghampiri sebuah toko buku yang cukup terkenal di kota hujan ini. Di dalam toko setelah keliling-keliling cukup lama karena pososisi buku yang dicari dah berubah tempatnya *heran aku pramuniaga2 toko buku ini kayaknya bosenan sampe dikit2 ganti tempat kategori bukunya*
Setelah ketemu buku pesanan ponakanku akhirnya kulangkahkan kakiku ke arah kasir. Kakiku terhenti ketika nih mata jadi adem pas lihat pose syur seorang wanita Indonesia di sebuah majalah kategori 17+ yang dijual untuk konsumsi...lagi-lagi konsumsi pria. Aduhai cantiknya, duh seksinya,...tak tahan aku untuk tidak melihatnya. Memang semakin hari majalah-majalah kayak gitu kok makin marak ajah yah? Ada apa dengan perkembangan kebudayaan di Indonesia skarang? Lihat saja perkembangan model baju wanita sekarang dah mulai aneh-aneh. Desainernya mulai nakal, baju buat cewek rata2 di desain mulai rendah bagian yang seharusnya menutupi leher ke bawah. Trus celana-celananya dibuat makin ketat, dengan bagian pinggang yang hampir tak dapat dipercaya,...bisa bikin mata pria jadi nglirik ke bagian2 seksi yang terbuka dari pinggang mereka. Astaga! Kasihan ajah mereka yang sebenarnya tidak nyaman dengan model baju demikan harus mau ikutan biar gak malu, takut dibilang gak fashionable,...soalnya di Indonesia tar lagi ada Fashion Police, yang akan mencegat mereka dan memberi denda bagi pelaku pelanggaran mode era sekarang.
Balik lagi ke majalah tadi, sebenarnya wanita perlu gak sih mempertontonkan bagian2 seksi dari tubuh mereka untuk umum especially for him? ah nggak bisa langsung dijawab paertanyaan ini, pasti akan ada banyak pendapat sesuai pandangan masing2. Tapi mungkin kita bisa berpikir kritis bagaimana perubahan2 dalam masyarakat kita saat ini telah membentuk satu kebudayaan baru yang membuat semua pelakunya mau gak mau harus mengikutinya. Bagi generasi lama (zaman opa gua) mungkin akan menjadi satu kendala karena generasi baru telah membawa satu kebudayaan tandingan lain yang secara langsung mengancam warisan -warisan moral yang baik dari mereka (zaman opa gua).
Menurut gua, saat ini kita perlu waspada dengan kebudayaan baru ini, karena riwayat kebudayaan asli kita itu tuh asli...sopan dan etis banget. Karena itu gua selaku pelaku kebudayaan zaman sekarang tidak dan sangat tidak senang dengan mode dan lifestyle zaman sekarang. Kalau dipikir-pikir hanya membawa kita ke arah yang salah. Gaya hidup yang bebas hanya membawa kita kepada kehancuran moral. Kita terbuai untuk bebas dan tidak bertanggungjawab. Makin hari kita makin susah karena perbuatan kita sendiri.
Menyingkapi ini semua, mari kita sadari kembali panggilan hidup kita. Dimana kita dapat berkarya untuk membantu menegakkan keadilan dan kebajikan kita kerjakan itu dengan segenap hati sambil mengingat di dunia ini bukan hanya kita yang hidup, masih ada orang lain dan masih akan ada generasi berikut yang akan mewarisi kebudayaan kita. Pikirkan apa yang akan jadi pendapat generasi berikut atas warisan kebudayaan2 kita. Betahkah atau akan ada kebudayaan2 lain yang jadi tandingan? Semua masih misteri tapi kita bisa mengubah hari depan dengan berbuat sesuatu yang baik di hari ini. Semoga bangsa ini bergerak maju pada arah yang baik. God Bless Indonesia,...not just America! ....Right?

5 Comments:

At 9:39 PM, Anonymous viga said...

wah bole bole.. gak lancang kok... :D
ada yahoo messenger ?

 
At 8:42 AM, Blogger blossom said...

humm, itulah indonesia, budaya yg ada sekarang justru budaya imitasi, kebiasaan kita meniru budaya lain, pdhl belum tentu itu bagus bwt kita, hrusnya di filter dulu, bkn ga suka liat model baju2 skrg yg serba minim dan terbuka, cuman terkadang pemakaiannya tidak tepat waktu dan tempat, taps mo apalagi...

 
At 5:12 PM, Anonymous ketek90 said...

itu smua pan pengaruh media, jadi yg harus dibenerin terlebih dahulu medianya, tapi emang bener sih skrang gitu, dah mulia parah gitu, keterbukaan itu dianggap keindahan. kiblat budaya kita sekarang ada dibarat. terlebih media kembali menggembar gemborkan budaya barat dsb...

 
At 5:22 PM, Blogger loper said...

right left .. right left ... one two one two .. heheheh baris? orait ?

 
At 10:32 PM, Blogger Karl Hiunzm said...

Hai, saya suka membaca blog untuk menambah ilmu dan maklumat. Setiap hari sekurang-kurangnya saya lawat 20 blog. Blog anda adalah antara yang paling menarik untuk hari ni. Keep up the good work!

Terlanjur saya di sini, tahukah anda tips cara malas jadi kaya. Sistem Menjana Wang Secara Automatik. RM200,000 dalam masa 35 hari dengan modal hanya RM10! Ini baru REAL!. Peluang dan tips cara malas jadi kaya di sini.

 

Post a Comment

<< Home